Wednesday 24 August 2016

Tips Untuk Merawat Kopling Mobil Agar Awet

Mobil Pilihan Keluarga 2015 | Mobil Terbaik Indonesia | Mobil Keluarga
www.nissan.co.id
Sebenarnya tak ada hal khusus dalam melakukan perawatan kopling mobil. Namun, kamu juga tak bisa sembarangan dalam memperlakukan kopling mobilmu. Kopling baru akan mengalami masalah setelah menempuh jarak kurang lebih 100.000 km. Jika masih di bawah itu maka kemungkinan kopling bermasalah sangat kecil. Berikut ini adalah tips untuk merawat kopling agar lebih awet dan tahan lama.

Jangan Meletakkan Kaki pada Kopling Terus Menerus

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jangan pernah meletakkan kakimu di atas kopling secara terus menerus. Hal ini akan mengakibatkan keausan pada plat matahari kopling. Selain itu kebiasaan ini juga akan merusak release bearing.

Jangan Menginjak Setengah Kopling

Hal ini biasa dilakukan di tanjakan saat sedang macet. Saat macet memang menginjak setengah kopling adalah hal yang wajar dilakukan. Namun, sebenarnya hal ini akan memperpendek usia dari kanvas kopling. Cara yang paling baik adalah dengan menggunakan rem tangan dan juga rem kaki secara bersamaan.

Jangan Melepas Kopling dengan Kasar


Hal lain yang harus kamu lakukan agar koplingmu tetap awet adalah dengan menghindari untuk melepas kopling dengan cara yang kasar. Melepas kopling secara kasar akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kopling. Secara perlahan jika kebiasaan ini diteruskan maka akan membuat plat-plat yang ada di kanvas kopling menjadi putus.

No comments:

Post a Comment