Wednesday 27 July 2016

Ini Makanan Pemicu Alergi Anak


Makanan Penyebab Alergi | Alergi Makanan pada Bayi


Alergi, merupakan gangguan kesehatan yang kerap menyerang Si Kecil. Pasalnya, sistem imun yang masih dalam tahap pertumbuhan membuatnya kerap salah mendeteksi zat yang masuk. Alergi makanan ialah salah satu alergi yang kerap ditemui di masa anak-anak. Meskipun pemicu alergi makanan setiap anak berbeda-beda, nyatanya terdapat beberapa makanan yang kerap menjadi pemicu alergi Si Kecil. Yuk simak penjelasannya!

1. Telur 
Telur kerap dipilih beberapa Bunda sebagai makanan pendamping ASI Si Kecil, namun ternyata telur memiliki risiko alergi yang cukup tinggi, terutama bagian putih telur. 

2. Susu 
Susu merupakan salah satu zat yang kerap dikonsumsi anak pada usia dini. Namun, protein yang terkandung didalamnya ternyata kerap memicu alergi pada sebagian anak. Untuk itu, Bunda perlu memeriksakannya ke dokter agar Si Kecil bisa mendapat penanganan yang tepat. 

3. Kacang
Kandungan protein dalam kacang nyatanya kerap dianggap berbahaya bagi sistem imun sebagian anak, karena itulah kacang sering menjadi pemicu alergi Si Kecil. 

4. Gandum 
Gandum biasanya ada dalam roti maupun sereal. Makanan ini ternyata juga kerap menjadi pemicu alergi sebagian anak. Mulai dari gatal-gatal kulit hingga sesak napas ialah gejala yang mungkin terjadi. 

5. Seafood 
Mulai dari ikan, udang, hingga kerang ternyata bisa menjadi pemicu anak. Biasanya terjadi saat usia anak masih dibawah satu tahun. Untuk itu, sebaiknya ikan bisa dikonsumsi Si Kecil mulai dari umur 8-12 bulan. 

Nah, itu dia beberapa makanan yang kerap memicu alergi anak. Karena itulah, Bunda harus berhati-hati saat memberikan makanan pada Si Kecil. 

No comments:

Post a Comment